Perkembangan IT

IT (Information technology) atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut TI (Teknologi Informasi) adalah sesuatu yang kini (bisa dikatakan) sudah merasuk ke dalam hampir seluruh masyarakat dunia. setiap aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat dunia pada era kali ini kerap kali dihubungkan dengan IT, di bidang pendidikan misalnya, seorang pelajar sudah tidak usah lagi pergi ke kampus-kampus yang jauh untuk mempelajari bahasa Arab langsung dari ahlinya, namun kini bisa dijangkau dengan pelajaran bahasa arab (yang mirip dengan mata kuliah) di sebuah komputer yang terkoneksikan dengan sang ahlinya di Arab (dengan internet tentunya).

Perkembangan IT dari zaman ke zaman (wuih kayak yang berzaman-zaman za), selalu mengalami perkembangan yang sangat pesat, ini semua tidak terlepas dari kebutuhan manusia yang makin hari ingin hidup secara praktis, dan ini mengubah seluruh pemikiran sang pemikir untuk bisa memenuhi kebutuhan tersebut. hingga akhirnya terbentuklah perkembangan IT dengan sangat pesat di kalangan masyarakat dunia.

Bidang Kesehatan

Era globalisasi dan era informasi yang akhir-akhir ini mulai masuk ke Indonesia telah membuat tuntutan-tuntutan baru di segala sektor dalam Negara kita. Tidak terkecuali dalam sektor pelayanan kesehatan, era globalisasi dan informasi seakan telah membuat standar baru yang harus dipenuhi oleh seluruh pemain di sektor ini. Hal tersebut telah membuat dunia keperawatan di Indonesia menjadi tertantang untuk terus mengembangkan kualitas pelayanan keperawatan yang berbasis teknologi informasi. Namun memang kita tidak bisa mnutup mata akan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh keperawatan di Indonesia, diantaranya adalah keterbatasan SDM yang menguasai bidang keperawatan dan teknologi informasi sevara terpadu, masih minimnya infrastruktur untuk menerapkan sistem informasi di dunia pelayanan, dan masih rendahnya minat para perawat di bidang teknologi informasi keperawatan.Kualitas atau mutu pelayanan keperawatan di rumah sakit bergantung kepada kecepatan, kemudahan, dan ketepatan dalam melakukan tindakan keperawatan yang berarti juga pelayanan keperawatan bergantung kepada efisiensi dan efektifitas struktural yang ada dalam keseluruhan sistem suatu rumah sakit. Pelayanan rumah sakit setidaknya terbagi menjadi dua bagian besar yaitu pelayanan medis dan pelayanan yang bersifat non-medis, sebagai contoh pelayanan medis dapat terdiri dari pemberian obat, pemberian makanan, asuhan keperawatan, diagnosa medis, dan lain-lain. Ada pun pelayanan yang bersifat non medis seperti proses penerimaan, proses pembayaran, sampai proses administrasi yang terkait dengan klien yang dirawat merupakan bentuk pelayanan yang tidak kalah pentingnya. ~Rini Ida N, ST, M.MT

di atas salah satu kutipan artikel dari seorang perawat yang menyebutkan bahwa IT pun sangat dibutuhkan di bidang kesehatan, sampai saat ini perkembangan IT di bidang ini antara lain:

  • pemasukan data yang awalnya secara tulis tangan, kini dijadikan digital dengan diproses melalui komputer
  • dan banyak lainnya seperti penggunaan laser untuk kanker, dll

bidang pendidikan

di dalam bidang pendidikan, IT pun sudah bukan sesuatu yang asing lagi

  • saat proses mengajar formal, baik di Sekolah maupun di Kampus, pengajar sudah mulai menggunakan laptop dan infokusnya untuk mengajar.
  • berjuta aplikasi pendidikan pun sudah tidak asing lagi dilihat di media-media elektronik, seperti e-dictionary, belajar bahasa di internet, belajar membaca, dll
  • bentuk penilaian oleh dosen di kampus misalnya, sudah tidak menggunakan kertas, tapi sudah menggunakan komputer. mahasiswa tinggal memasukkan NIM nya sehingga keluar nilai orang yang bersangkutan.
  • perpustakaan digital.
  • penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif seperti CD-ROM dan Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video.
  • Materi online di luar materi kuliah.
  • sistem administrasi digital.
  • dan banyak lainnya

Bidang Pemerintahan

  • Pelayanan 24 jam informasi melalui internet.
  • konferensi elektronik (e-conference)
  • Pemberdayaan masyarakat dengan informasi elektronik (misal:data-data tentang sekolah, passinggrade ditampilkan secara online)
  • jaringan sistem informasi online antar instansi pemerintah.
  • banyak pula lainnya

Bidang keuangan dan Perbankan

  • Transaksi pembayaran menggunakan ATM
  • Transfer elektronik
  • Sistem keuangan menggunakan aplikasi komputer
  • banyak pula lainnya


itu hanya sebagian perkembangan IT yang ada di era kali ini…masih banyak yang belum tertuliskan bahkan berjuta-juta pengaruh IT yang lain yang merasuk ke dalam kehidupan masyarakat…silahkan cari sendiri…

<<next: HAKI(Hak Atas Kekayaan Intelektual)

previous:Pandangan>>

1 Komentar »

  1. […] previous:Perkembangan IT>> […]


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: