20 Tahun Tumbangnya Tembok Berlin (2) (lanjutan)

Meskipun berupaya menghibur diri dengan menyatakan sudah ada tanda-tanda perbaikan, kenyataan menunjukan angka pengangguran masih terus meningkat mencapai puluhan juta orang. Kepercayaan terhadap perbankan belum sepenuhnya pulih. Tingkat pengangguran AS melonjak menjadi 10,2% pada Oktober karena 190.000 orang kehilangan pekerjaan.

Dua puluh tahun setelah ambruknya Tembok Berlin, sebuah jajak pendapat BBC menemukan meluasnya ketidakpuasan terhadap kapitalisme pasar bebas. Dalam jajak pendapat global untuk BBC world service. Hanya 11% mereka yang ditanya di 27 negara mengatakan kapitalisme berjalan baik. Sebagian besar regulasi dan reformasi system kapitalisme diperlukan. Hamper seperempat, yakni 23% dari responden, merasa kapitalisme ini memiliki cacat besar. Di Prancis 43% memandang seperti itu, sedangkan di Meksiko 38% dan 35% di Brasil. Di seluruh dunia terdapat dukungan sangat kuat untuk mendistribusikan kekayaan lebih merata.

Kapitalisme global sukses ‘memiskinkan’ manusia. Sedikitnya 200 juta anak di bawah usia lima tahun (balita) dunia ini harus hidup dalam kondisi gizi buruk. Data ini dirilis lembaga PBB yang mengurusi anak-anak dan pendidikan, UNICEF, Menjelang pertemuan yang membahas kelaparan dunia November lalu. Direktur jenderal FAO, Jacques Diouf, seperti dikutip AP, menyatakan sepertiga itu berakhir dengan kematian. Berdasarkan penghitungan Diouf, saat ini setiap enam detik terdapat satu balita di dunia yang meninggal karena gizi buruk dan kelaparan. Sebanyak 90% balita yang mengalami gizi buruk itu sekarang berada di Afrika dan Asia. Wilayah Asia yang menghadapi problem tersebut secara serius meliputi Negara-negara Asia selatan, Nepal, India, Pakistan, Bangladesh, juga Afganistan. Di wilayah itu terdapat sedikitnya 83 juta balita gizi buruk.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: