20 Tahun Tumbangnya Tembok Berlin (1)

Beberapa waktu lalu pemimpin dunia barat berkumpul memperingati dengan rasa penuh kemenangan tumbangnya tembok Berlin 9 November 20 tahun lalu; sebuah perayaan atas kemenangan yang palsu. Tumbangnya tembok secara simbolik merupakan awal dari kehancuran Komunisme pada 1989. Perayaan utamanya diadakan di gerbang Brandenburg, Berlin, Jerman. Bangunan itu merupakan symbol reunifikasi Jerman Barat dan Timur pada 1990. Aksi penggulingan domino raksasa akan digelar untuk menggambarkan bagaimana pemerintah komunis di Eropa Timur jatuh satu-persatu pada 1989.

Para kepala Negara dan pemerintahan dari seluruh 27 negara anggota uni Eropa, Presiden Rusia Dimitri Medvedev, Menlu AS Hillary Clinton menghadiri perayaan besar ini. Sebagai tuan rumah adalah kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Horst Kohler.

Komunisme telah gagal sebagai sebuah ideology dan system. System ini juga dengan tegas ditolak oleh masyarakat. Peristiwa bersejarah ini dianggap sebagai symbol kemenangan kapitalisme, kebebasan (freedom) dan demokrasi. Pemimpin barat memanfaatkan even ini untuk memperpanjang masa penjualan ideology kapitalisme. Padahal ideology ini telah mengalami kemunduran dahsyat, seperti yang pernah dialami oleh komunisme.

Kegagalan ekonomi kapitalis telah nyata di depan mata banyak orang dalam beberapa tahun terakhir dengan runtuhnya system keuangan barat. Begitu besarnya bencana ini membuat pemerintah barat berupaya mati-matian untuk mencegah efek domino kegagalan perbangkan mulai London, New York, Paris, hingga Bonn. Mereka sangat khawatir kan munculnya kerusuhan social di jalanan ibukota Negara-negara barat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: